Gadis Bulukumba, Sry Fitri Nuralifah Juara Best Intelegensia Pada Ajang Pemilihan Duta Peduli Sosial Sulselbar 2024


INSPIRASIMAKASSAR, Di tengah gemuruh tepuk tangan dan sorak sorai yang menghangatkan suasana malam itu, Sry Fitri Nuralifah, gadis asal Bulukumba, tampil gemilang sebagai pemenang pertama Best Intelegensia pada ajang Pemilihan Duta Peduli Sosial Se-Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) tahun 2024.

Alumni MAN 1 Bulukumba yang lahir pada 21 November 2003 di Tambangan, Kajang ini, berhasil mengalahkan para peserta lainnya dari berbagai kabupaten di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat dengan bakat, kecerdasan, dan kepeduliannya terhadap isu-isu sosial. 

Ajang bergengsi ini digelar oleh Yayasan Sahabat Pemuda Prestasi Indonesia (YASPPI) dan memasuki tahun keduanya. Diselenggarakan di Makassar pada tanggal 21 hingga 23 Juni 2024, acara ini dirancang sebagai wadah bagi para pemuda Sulselbar untuk mengasah bakat, minat, serta keterampilan mereka di dunia sosial. Dengan tema “Wujudkan Citra Generasi Bangsa yang Cerdas, Berbudaya, dan Peduli Sosial,” YASPPI berharap ajang ini bisa menumbuhkan nilai-nilai kepedulian di kalangan generasi muda.

“Ajang ini tidak hanya berfokus pada penilaian kecerdasan dan bakat dari seluruh finalis, tetapi juga pada kepekaan sosial dan kemampuan berkontribusi terhadap masyarakat,” ungkap Sry Fitri Nuralifah, yang kini menjadi wajah baru dari gerakan kepedulian sosial di Sulselbar. Sry berharap perannya sebagai duta bisa menginspirasi generasi muda lainnya untuk lebih peduli dan aktif dalam isu-isu sosial.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan deep interview para finalis di Universitas Dipa Makassar, di mana setiap peserta diuji kemampuannya dalam memahami dan memecahkan masalah sosial. Hari berikutnya, di Hotel Aswin Makassar, para finalis menunjukkan bakat dan gala dinner.  Puncak acara adalah grand final yang kembali digelar di Hotel Aswin, di mana para finalis menampilkan kemampuan terbaik mereka di hadapan juri dan penonton.

Di balik kemegahan panggung dan sorotan kamera, Sry Fitri Nuralifah tidak melupakan akar dan asal-usulnya. Dia menyampaikan harapannya kepada pemerintah, khususnya di Kabupaten Bulukumba, untuk lebih memperhatikan bantuan beasiswa yang tidak merata bagi anak-anak kurang mampu dan berprestasi. “Saya berharap pemerintah lebih memperhatikan beasiswa bagi anak-anak yang kurang mampu serta yang memiliki prestasi,” kata Sry, putri dari pasangan Juma dan Nursiah.

Bagi Sry, kepedulian sosial bukan sekadar slogan, melainkan panggilan hati yang harus diwujudkan dalam tindakan nyata. Pemuda milenial yang keren adalah yang peduli akan sosial, peka dan sadar dengan berbagai masalah sosial, serta berkontribusi aktif menjawab tantangan isu-isu sosial. Inilah peran pemuda dalam meningkatkan kepedulian sosial.

Selama ajang berlangsung, Sry tidak hanya menunjukkan bakat dan kecerdasannya, tetapi juga kepekaan sosial yang tinggi. Dia aktif dalam berbagai diskusi dan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran sosial di kalangan generasi muda. Sry juga terlibat dalam beberapa proyek sosial yang bertujuan untuk membantu masyarakat kurang mampu di daerahnya.

Kemenangan Sry dalam ajang Pemilihan Duta Peduli Sosial Se-Sulawesi Selatan dan Barat bukan hanya kemenangan pribadi, tetapi juga kemenangan bagi seluruh pemuda di Sulselbar. Sry berharap kemenangannya dapat memotivasi pemuda lainnya untuk terlibat lebih aktif dalam kegiatan sosial dan berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat.

Dengan penuh semangat dan optimisme, Sry menutup malam itu dengan harapan besar bahwa perannya sebagai Duta Peduli Sosial Sulselbar dapat menjadi inspirasi dan contoh bagi generasi muda lainnya. “Saya ingin menjadi penyambung lidah dari aspirasi masyarakat ke pemerintah untuk kesetaraan sosial,” ujarnya. “Kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan nilai-nilai kepedulian dalam kehidupan di masyarakat dengan melibatkan generasi muda.”

Sry Fitri Nuralifah adalah contoh nyata dari generasi muda yang peduli dan berkomitmen terhadap isu-isu sosial. Dengan semangat dan dedikasinya, dia membuktikan bahwa pemuda bisa menjadi agen perubahan yang membawa dampak positif bagi masyarakat. Semoga keberhasilan Sry dapat menginspirasi lebih banyak pemuda untuk peduli, beraksi, dan berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih baik. (***)

Berita Terkait

Top