Andi Utta Berharap Generasi Muda Bulukumba Kompetitif


KABAR TOKOH – BULUKUMBA, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf berharap agar generasi muda Bulukumba yang merupakan angkatan kerja produktif semakin kompetitif dan mampu menciptakan lapangan kerja baru. Hal ini diungkapkan, Andi Utta begitu ia kerap disapa saat membuka Pelatihan Keterampilan bagi Pencari Kerja yang dilaksanakan oleh Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) di Pendopo Rujab Bupati (Rabu, 23/11/2022).

Di hadapan para peserta ia berharap agar anak muda meniru semangat yang dimilki bupati berlatar pengusaha ini. Dulu kata Andi Utta saat ia mulai merintis usahanya banyak rintangan yang dihadapinya. Jatuh bangun menurut Crazy Rich di kalangan pemerintahan ini adalah hal yang biasa.

“Bangun semangat untuk sukses. Tanamkan. Saya berharap Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja kedepan lebih banyak memberikan perhatian pada anak-anak muda pada peningkatan skill, “katanya.

Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf satu di antara kepala daerah terkaya di Indonesia. Laporan KPK tersebut dilihat dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2021 di elhkpn.kpk.go.id Dalam salinan LHKPN tersebut, kekayaan yang dimiliki Muchtar Ali Yusuf tembus hingga Rp305.798.515.793.

Sebelum berkiprah di politik, Andi Utta sibuk membangun bisnisnya di sektor eksportir. Perusahaannya ia namai AMALY Group atau singkatan dari namanya Andi Muchtar Ali Yusuf.

Selain berharap pada Dinas PMPTSPTK, Andi Utta juga berharap agar Balai Latihan Kerja (BLK) Bulukumba fokus meningkatkan skill atau keterampilan masyarakat Bulukumba. Ia berjanji kedepan akan memfasilitasi BLK untuk membangun relasi dan kemitraan dengan berbagai industri lokal maupun nasional.

Bahkan Andi Utta akan mendatangkan expert atau teknisi beberapa perusahaan manufacturing dan industri otomitif untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan instruktur yang dimiliki BLK. “Nanti saya kan komunikasikan dengan Toyota, Mitsubishi, KIA dan lainnya,”Janji Andi Utta.

Di tempat yang sama, Andi Utta juga akan mendorong perusahaan di daerah ini agar dana Corporate Social Responsibility atau CSR perusahan sebagian diarahkan untuk memberikan Bantuan Sarana Usaha (BSU) dan peningkatan keterampilan pencari kerja.

Sekadar diketahui CSR adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.

“Saya akan pertimbangkan dana CSR akan diarahkan kesitu. Bantuan peralatan dan kursus keterampilan bagi pencari kerja,”Janji Andi Utta.(***)

Berita Terkait

Top