Camat Herlang Mantapkan Program Keagamaan, Evaluasi Lebaran dan Inisiasi Perayaan Tahun Baru Islam


KABAR TOKOH — BULUKUMBA, Pemerintah Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba, menggelar pertemuan penting yang melibatkan para ketua organisasi masyarakat (ormas) Islam, tokoh agama, dan pengurus masjid. Pertemuan yang berlangsung di ruang rapat Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Herlang ini dipimpin langsung oleh Camat Herlang, Andi Fidya Samad didampingi oleh Kepala KUA Saripuddin, Senin (01/07/2024).

Rapat tersebut bertujuan mengevaluasi kepengurusan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) terkait pelaksanaan lebaran 2024 dan mendiskusikan berbagai program keagamaan yang akan dilaksanakan di wilayah tersebut.

Dalam sambutannya, Camat Herlang menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah kecamatan dan para tokoh agama untuk memastikan kegiatan keagamaan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan masyarakat. Salah satu fokus utama rapat adalah mengevaluasi pelaksanaan lebaran tahun ini, mendengarkan berbagai masukan dan catatan dari para peserta rapat serta mencari solusi untuk perbaikan di masa mendatang.

“Termasuk dalam fungsi PHBI dan peran pemerintah setempat dalam menyelenggarakan kegiatan keagamaan di wilayah Herlang, serta penempatan lokasi yang strategis untuk pelaksanaan lebaran,” ujar Andi Fidya.

Selain itu, rapat juga membahas program Gerakan Sholat Maghrib Berjamaah yang digagas oleh pemerintah kecamatan. Program ini bertujuan untuk memakmurkan masjid-masjid di Kecamatan Herlang dengan mengajak masyarakat untuk melaksanakan sholat Maghrib secara berjamaah di masjid. “Ini adalah langkah penting untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan keagamaan dan memakmurkan masjid-masjid kita,” kata Camat Herlang.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Herlang juga memaparkan berbagai program keagamaan lainnya yang telah dirancang oleh pemerintah kecamatan. Salah satunya adalah perayaan Tahun Baru Islam di tingkat kecamatan. “Ini adalah sebuah langkah inovatif yang diharapkan dapat memperkuat semangat kebersamaan dan keagamaan di masyarakat,” tambahnya.

Dihadapan peserta rapat, Camat Herlang juga menyampaikan para kepala sekolah, ketua K3S, dan pengawas telah diminta¬† untuk mendukung program-program keagamaan ini. Pemerintah kecamatan telah mengirim surat dan berkomunikasi dengan para kepala sekolah dan ketua K3S untuk memastikan dukungan mereka terhadap program-program tersebut. “Ini penting, mengingat banyaknya masalah sosial dan kemajuan teknologi yang serba terbuka. Agama adalah benteng terbaik untuk menghadapi tantangan tersebut,” tegas Camat Herlang.

Selama rapat, peserta rapat menyampaikan masukan tentang perlunya lokasi yang lebih mudah diakses oleh masyarakat untuk memastikan partisipasi yang lebih besar. “Kita perlu memastikan bahwa lokasi pelaksanaan kegiatan keagamaan mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat, agar semua bisa turut serta,” ujar salah satu peserta rapat.

Para peserta sepakat bahwa komunikasi yang baik antara kedua pihak adalah kunci untuk memastikan kelancaran pelaksanaan kegiatan keagamaan di wilayah tersebut. “Kita harus meningkatkan koordinasi dan komunikasi antara PHBI dan pemerintah kecamatan, agar semua kegiatan keagamaan dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan,” kata A. Fidya.

Di akhir rapat, Camat Herlang menyampaikan apresiasinya kepada semua peserta yang telah memberikan masukan dan berdiskusi dengan konstruktif. “Saya berterima kasih kepada semua yang telah hadir dan memberikan masukan berharga. Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk meningkatkan kualitas kegiatan keagamaan di Kecamatan Herlang dan memakmurkan masjid-masjid kita,” tutup Camat Herlang. (***)

Berita Terkait

Top