Memastikan Program Pemerintah Berjalan Baik, Presiden Jokowi Berkunjung ke Sulsel


KABAR TOKOH — JAKARTA , Presiden Jokowi kembali diagendakan untuk mengunjungi Sulawesi Selatan. Kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini  mencerminkan komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program pembangunan dan bantuan langsung bagi masyarakat Sulsel. Sebelumnya, kunjungan Jokowi sempat dikabarkan ditunda karena akan berkunjung ke Aceh terlebih dahulu.

Presiden ingin memastikan program pemerintah berjalan dengan baik, dan memperkuat hubungan pusat-daerah. Kunjungan ini memberikan motivasi serta dukungan moral bagi pejabat lokal dan masyarakat. Secara keseluruhan, kunjungan presiden memastikan visi nasional diterjemahkan menjadi tindakan nyata di seluruh wilayah.

Dalam kunjungan yang bisa menjadi kunjungan terakhirnya sebagai Presiden Republik Indonesia, Jokowi akan mengakhiri masa jabatannya dalam tiga bulan ke depan pada Oktober 2024. 

Selama dua hari di Sulawesi Selatan, Jokowi dijadwalkan mengunjungi enam kabupaten, termasuk Kabupaten Bone. Selain Bone, lima kabupaten lainnya yang akan disinggahi adalah Maros, Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, dan Takalar. 

Jokowi akan berada di Sulawesi Selatan selama total 29 jam, dalam sebuah perjalanan yang penuh makna menjelang akhir masa jabatannya.

Berikut jadwal Presiden di Sulawesi Selatan : 

4-5 Juli 2024

Jakarta ke Makassar:

08:00 WIB: Lepas landas dari Jakarta  

10:20 WITA: Mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin

Makassar ke Bone:

11:00 WITA: 3 helikopter Super Puma lepas landas  

11:40 WITA: Mendarat di Bandara Arung Palaka, Bone

Bone:

1. Meninjau Pasar Tradisional:

Jokowi memulai kunjungannya di Bone dengan meninjau pasar tradisional setempat. Beliau membagikan bantuan tunai langsung dan modal usaha kepada para pedagang pasar untuk mendukung ekonomi lokal. Interaksi langsung dengan pedagang memperlihatkan perhatian Presiden terhadap kesejahteraan masyarakat di tingkat akar rumput.

2. Meninjau Pompa Air di Desa Jaling, Kecamatan Awangpone: 

Setelah dari pasar, Presiden meninjau pompa air yang berada di Desa Jaling, Kecamatan Awangpone. Pompa air ini merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan akses air bersih dan mendukung pertanian lokal. 

3. Makan Siang di Rumah Makan Setempat:

Waktu makan siang dimanfaatkan Presiden untuk menikmati hidangan khas daerah di sebuah rumah makan setempat, sambil berdialog dengan masyarakat dan tokoh lokal.

4. 14:20 WITA: Berangkat ke Sinjai dengan helikopter.

Sinjai:

1. Meninjau Pasar Tradisional:

Setibanya di Sinjai, agenda pertama Presiden adalah meninjau pasar tradisional, sama seperti di Bone. Beliau membagikan bantuan tunai langsung dan modal usaha kepada pedagang pasar.

2. Meninjau RSUD Kabupaten Sinjai:

 Presiden juga mengunjungi RSUD Kabupaten Sinjai untuk meninjau layanan BPJS Kesehatan dan fasilitas rumah sakit. Fokus kunjungan ini adalah memastikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

3. Perjalanan Darat ke Bulukumba:

Setelah menyelesaikan agenda di Sinjai, Presiden melanjutkan perjalanan darat ke Bulukumba dan bermalam di hotel setempat.

Bulukumba (5 Juli):

07:30 WITA: Meninjau Pasar Tradisional:  

Kegiatan pertama di Bulukumba adalah meninjau pasar tradisional dan membagikan bantuan tunai langsung serta modal usaha kepada para pedagang pasar.

Meninjau RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja:

Presiden kemudian mengunjungi RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja untuk melihat layanan BPJS Kesehatan dan fasilitas rumah sakit yang tersedia. Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat setempat mendapatkan layanan kesehatan yang memadai.

Perjalanan Darat ke Bantaeng:

Setelah itu, Presiden melanjutkan perjalanan darat menuju Bantaeng.

Bantaeng:

Meninjau Pompa Air di Desa Layoa, Kecamatan Gantarangkeke: 

Di Bantaeng, Presiden meninjau pompa air di Desa Layoa, Kecamatan Gantarangkeke, yang melayani sekitar 500 hektar lahan pertanian. Ini adalah bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas pertanian melalui pengelolaan air yang baik.

Meninjau RSUD Prof. Anwar Makatutu:

Presiden juga mengunjungi RSUD Prof. Anwar Makatutu untuk melihat layanan BPJS Kesehatan dan fasilitas rumah sakit. Tujuan kunjungan ini adalah memastikan bahwa fasilitas kesehatan di daerah terpencil tetap terjaga kualitasnya.

Sholat Jumat di Masjid Agung Syekh Abdul Gani:

Selanjutnya, Presiden melaksanakan Sholat Jumat di Masjid Agung Syekh Abdul Gani, beribadah bersama warga setempat dan berdialog dengan tokoh agama.

Makan Siang di Rumah Makan Setempat:

Usai Sholat Jumat, Presiden makan siang di rumah makan setempat, memberikan waktu untuk berinteraksi dengan masyarakat.

14:00 WITA: Berangkat ke Takalar dengan helikopter dari helipad Lap. Hitam Pantai Seruni.

Takalar:

14:30 WITA: Mendarat di Bendungan Pamukulu.  

Setibanya di Takalar, Presiden langsung menuju Bendungan Pamukulu untuk meresmikan proyek infrastruktur penting ini. Bendungan ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan air dan mendukung pertanian di wilayah sekitar.

15:15 WITA: Berangkat ke Bandara Sultan Hasanuddin dengan helikopter.  

15:35 WITA: Lepas landas menuju Jakarta.

Kunjungan presiden ke Sulawesi Selatan  adalah hal penting dalam pemerintahan yang efektif dan responsif, memastikan bahwa visi nasional diterjemahkan menjadi tindakan nyata di seluruh penjuru negeri.(***)

Berita Terkait

Top