Sembilan PMI Bulukumba yang Dideportasi Sudah Sampai di Daerah Asal


NEWS — BULUKUMBA, Pekerja Migran Indonesia asal Bulukumba yang sebelumnya dideportasi dari Malaysia kini sudah sampai di daerah asalnya masing-masing. Terdapat 9 (sembilan) orang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Bulukumba yang dipulangkan melalui pelabuhan Nusantara Parepare pada hari Jumat (17/11/2023) dengan kapal Motor (KM) Talia Nunukan – Parepare.

“Melalui Pelabuhan Nusantara Parepare pada hari Jumat (17/11/2023) dengan kapal Motor (KM) Talia Nunukan – Parepare,” demikian disampaikan imrana Syatar, Plh. Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sulawesi Selatan. 

Kepala Bidang Tenaga Kerja, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Bulukumba, Andi Minarni A. Pangki kepada JEJAKTOKOH.COM, Jumat (17/11/2023) mengungkapkan sebelum dijemput keluarga, para PMI diistirahatkan di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kabupaten Bulukumba didampingi pihak Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Sulawesi Selatan. “Iye .sudah dijemput semua,” kata Andi Minarni. 

Nama-nama PMI asal BULUKUMBA yang dipulangkan dari Malaysia.

Sebelumnya, Andi Minarni mengungkapkan fenomena PMI yang dideportasi  umumnya tidak memiliki dokumen lengkap,  melanggar atau melakukan kejahatan seperti narkoba dan lain-lain.  

“Biasanya dipenjara dulu disana sampe 6 (enam) bulan atau lebih baru dideportasi,” kata Andi Minarni.

Pemulangan PMI asal Bulukumba bagi Andi Minarni bukan hal baru. Menurutnya kejadian ini berulang saban tahun. Dari 89 PMI yang dipulangkan terbanyak dari Kabupaten Pinrang, Toraja dan Bulukumba. Selebihnya menyebar disejumlah kabupaten lainnya di Sulsel. 

“Kurang lebih 89 pemulangan kali ini untuk Sulsel. 9 (sembilan) di antaranya Kab. Bulukumba yang lain Bantaeng, Bone, Sinjai, Pinrang, Palopo, Polman, Makassar, Toraja dan majene Terbanyak Pinrang, kedua Toraja dan ketiga Bulukumba,’ kata Andi Minarni. (***)

 

.  

Berita Terkait

Top